Warung Bebas

Selasa, 24 April 2012

RPP Akuntansi Mengelola Dana Kas Kecil KD 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                      :    SMK TAMANSISWA
Kompetensi Keahlian           :    Akuntansi
Mata Pelajaran                      :    Kompetensi Kejuruan
Kelas / Semester                   :    XI / 3
Pertemuan                            :   1, dan 2
Alokasi Waktu                     :    4 jam pelajaran @ 45 menit ( 180 menit )
Standar Kompetensi            :    Memproses dokumen dana kas kecil
Kompetensi Dasar                :    Menghitung selisih dana kas kecil
K K M                                  :    73
Nilai Karakter Bangsa          :  Kreatif (Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil yang berbeda dari produk/jasa yang telah ada).


Indikator :
*    Jumlah pemakaian dana kas kecil teridentifikasi.
*    Sisa dana kas kecil teridentifikasi.
*    Selisih dana kas kecil teridentifikasi.
*    Jumlah pemakaian dana kas kecil diverifikasi.
*    Jumlah pengisian kembali dana kas kecil diverifikasi.

I.    Tujuan Pembelajaran:
Tujuan pembelajaran pada kompetensi dasar ini adalah siswa dapat menghitung selisih dana kas kecil.

Pertemuan
Siswa dapat:
1
1.      Mengidentifikasi jumlah pemakaian dana kas kecil dengan kreatif.
2.      Mengidentifikasi sisa dana kas kecil dengan kreatif.
3.      Mengidentifikasi selisih dana kas kecil dengan kreatif.
4.      Memverifikasi jumlah pemakaian dana kas kecil dengan kreatif.
2
5.   Memverifikasi jumlah pengisian kembali kas kecil dengan kreatif.

II.  Materi Pembelajaran:  
*   Penghitungan fisik dana kas kecil
*  Selisih dana kas kecil.

III. Metode Pembelajaran: 
*    Ceramah
*    Teori dan praktek
*    Tanya jawab
*    Penugasan


IV. Kegiatan Pembelajaran 
       
Pertemuan
Keg Awal
(10 Menit)
Keg Inti 
(115 menit)
Keg Akhir
(10 Menit)
1
1.                                          Salam pembuka; Doa, Presensi
2. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
3. Penjelasan tentang jumlah pemakaian dana kas kecil, sisa dana kas kecil dan selisih dana kas kecil.

1.  Eksplorasi
a.   Siswa mempelajari jumlah pemakaian dana kas kecil.
b.   Siswa mempelajari sisa dana kas kecil.
c.  Siswa mempelajari selisih dana kas kecil.

2.  Elaborasi
a.   Siswa mengidentifiksi jumlah pemakaian dana kas kecil.
b.   Siswa mengidentifikasi sisa dana kas kecil.
c.   Siswa mengidentifikasi selisih dana kas kecil.
d.   Siswa memverifikasi jumlah pemakaian dana kas kecil.

3.  Konfirmasi
a.  Tanya jawab tentang kesulitan  / keraguan siswa
b.  Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai bentuk penguatan (reinforcement)
1.  Komentar siswa tentang proses pembelajaran yang baru saja dilewati       
2.  Guru memberi penegasan dan penguatan terhadap jumlah pemakaian dana kas kecil, sisa dana kas kecil dan selisih dana kas kecil.
3.  Guru memberikan informasi pembelajaran berikutnya.
4.        Pembelajaran ditutup dengan doa.
Pertemuan
Keg Awal
(10 Menit)
Keg Inti 
(20 menit)
Keg Akhir
(10 Menit)
2
1.                                          Salam pembuka; Doa, Presensi
2. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan model evaluasi yang diterapkan
3. Penjelasan tentang jumlah pengisian kembali kas kecil.

1.  Eksplorasi
a.   Siswa mempelajari jumlah pengisian kembali kas kecil.

2.  Elaborasi
a.   Siswa memverifikasi jumlah pengisian kembali kas kecil.

3.  Konfirmasi
a.  Tanya jawab tentang kesulitan  / keraguan siswa
b.  Siswa menjawab pertanyaan lisan sebagai bentuk penguatan (reinforcement)

1.  Komentar siswa tentang proses pembelajaran yang baru saja dilewati       
2.  Guru memberi penegasan dan penguatan terhadap jumlah pengisian kembali kas kecil.
3.  Guru memberikan informasi pembelajaran berikutnya.
4.        Pembelajaran ditutup dengan doa.
V.   Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
       a.    Alat tulis
       b.    Alat hitung
       c.    Formulir-formulir/format-format yang diperlukan
       d.  Buku Memahami Akuntansi SMK Seri B
       e.    Buku Akuntansi Keuangan Untuk SMK Kelas 2
       f.    Soal postes dan perangkat penilaiannya

VI.  Penilaian
a.   Teknik: Tertulis
b.   Bentuk: Esai
c.   Instrumen:      Soal                             :  terlampir
                             Kunci Jawaban            :  terlampir
                             Pedoman Penilaian      :  terlampir


LEMBAR PENILAIAN:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan benar!
1.    Jelaskan apa yang di maksud dengan:
a.    Selisih kas
b.    Selisih kas kurang
c.    Selisih kas lebih
2.    Sebutkan sebab-sebab terjadinya perbedaan saldo kas dicatatan dan secara fisik!
3.    Jelaskan perlakuan terhadap selisih kas pada akhir periode!
4.    Pada tanggal 31 Mei 2009 diketahui bahwa saldo menurut catatan kas                        Rp 68.725.000,00 tetapi berdasarkan perhitungan fisik menunjukkan jumlah                  Rp 81.275.000,00. Setelah dilakukan penelitian ternyata penerimaan piutang dari seorang langganan pada tanggal 17 Mei 2009 sebesar Rp 30.275.000,00 dicatat Rp 17.725.000,00.
Dari transaksi tersebut diatas diminta untuk membuat jurnal penyesuaian!
5.    Saldo kas pada tanggal 30 Juni 2009 sebesar Rp 22.486.000,00 tetapi keadaan kas sebenarnya Rp 22.864.000,00. Setelah diperiksa tidak ditemukan sebab-sebabnya.
Dari transaksi tersebut di atas diminta untuk membuat jurnal penyesuaian!










KUNCI JAWABAN

1.    Yang dimaksud dengan:
a.    Selisih kas kecil adalah selisih antara kas menurut catatan dengan kas yang ada menurut perhitungan secara fisik.
b.    Selisih kas kurang atau cash shortage adalah kas menurut perhitungan fisik lebih kecil daripada kas menurut catatan.
c.    Selisih kas lebih atau cash overage adalah kas menurut perhitungan fisik lebih besar daripada kas menurut catatan.
2.    Sebab-sebab terjadinya perbedaan saldo kas dicatatan dan secara fisik:
a.    Kehilangan akibat kekeliruan saat transaksi pertukaran, misalnya saat memberikan uang kembali.
b.    Jumlah yang diterima atau dikeluarkan lebih besar atau lebih kecil daripada jumlah yang seharusnya dicatat. Kejadian ini biasanya terjadi karena tidak tersedianya uang pecahan kecil.
c.    Kesalahan pencatatan dalam jurnal.
d.   Adanya uang palsu.
e.    Sebab-sebab lain yang sama sekali tidak diketahui.
3.    Perlakuan terhadap selisih kas pada akhir periode adalah jika selisih kas lebih dianggap sebagai pendapatan dan jika selisih kas kurang dianggap sebagai kerugian atau beban, maka dalam laporan rugi laba, selisih kas lebih diinformasikan sebagai pendapatan diluar usaha dan selisih kas kurang diinformasikan sebagai beban luar biasa.
4.     Kas                                    Rp 12.550.000,00
           Piutang dagang                                           Rp 12.550.000,00

5.     Kas                                    Rp 378.000,00           
           Selisih kas                                        Rp 378.000,00


Norma Penilaian:
Soal no. 1-5 setiap nomor nilai 20
Nilai keseluruhan = jumlah nilai seluruh nomor









                                                                                          Banjarnegara,  Juli 2010
Pemeriksa
Ketua Kompetensi Keahlian Akuntansi                           Guru Mapel



Theodora Yanti Puspitasari, SE                                        Theodora Yanti Puspitasari, SE


Mengetahui
Kepala Sekolah



Supono, B.Sc, S.Pd


0 komentar em “RPP Akuntansi Mengelola Dana Kas Kecil KD 3”

Poskan Komentar

 

Blog Belajar Akuntansi Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger